PT SURYA SEMESTA INTERNUSA TBK

PT SURYA SEMESTA INTERNUSA TBK

SEKILAS SSIA

Perseroan didirikan pada 15 Juni 1971 dengan nama PT Multi Investments Limited, kemudian pada tahun 1995 bertransformasi menjadi PT Surya Semesta Internusa. Kegiatan utama Perseroan bergerak dalam bidang property komersial, jasa konstruksi, pengembangan kawasan industri dan perhotelan melalui penyertaan pada Entitas Anak. Didukung manajemen yang andal dengan strategi pengelolaan yang professional dan kepercayaan yang besar dari para pemegang saham, Perseroan mampu menghasilkan proyek-proyek monumental.

Menandai kiprah awal perjalanan Perseroan sebagai perusahaan pengembang, Perseroan berhasil mengembangkan Kuningan Raya, sebuah kawasan pemukiman dan bisnis yang terletak di daerah Segitiga Emas Jakarta Selatan. Begitu pun dengan Glodok Plaza yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia yang terletak di kawasan komersial di Jakarta Barat. Proyek berikutnya bergantian menjadi tonggak sejarah penting yang membesarkan nama Surya Internusa.

Seiring dengan perkembanganya untuk menyempurnakan langkah sebagai perusahaan terdepan, Perseroan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan menjadi perusahaan publik pada 27 Maret 1997. Kini, Perseroan telah berkembang pesat dan memiliki delapan anak perusahaan utama dengan bidang usaha yang semakin terdiversifikasi meliputi (i) properti, (ii) jasa konstruksi serta (iii) perhotelan.

PROFIL SSIA

Ruang lingkup kegiatan usaha Perseroan berdasarkan pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan adalah bidang industri, bangunan, perdagangan, jasa, pertambangan dan perkebunan, pertanian, kehutanan, peternakan, perikanan, pertambakan termasuk mendirikan perusahaan di bidang perindustrian bahan bangunan, real estate, kawasan industri, pengelolaan gedung dan lain-lain. Saat ini kegiatan Perseroan adalah melakukan penyertaan dan memberikan jasa manajemen serta pelatihan pada entitas anak yang bergerak dalam bidang usaha jasa konstruksi, pembangunan/pengelolaan kawasan industri, real estate, perhotelan dan lain-lain.

Visi Membangun Indonesia yang lebih baik melalui unit usaha konstruksi, properti dan perhotelan yang terpadu dan handal, terpercaya dan berkualitas tinggi di Indonesia. Misi Menyediakan produk-produk berkualitas dan jasa pelayanan prima melalui kesungguhan dan kehandalan manajemen untuk menciptakan nilai yang optimal bagi para pelanggan, pemegang saham, karyawan dan masyarakat Indonesia.

Dasar Hukum Pendirian

Perseroan didirikan dengan nama PT Multi Investments Ltd. berdasarkan Akta No. 37 tanggal 15 Juni 1971. Dibuat di hadapan Ny. Umi Sutamto, S.H., Notaris di Jakarta yang telah mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dalam Surat Keputusannya No. J.A.5/150/16 tanggal 8 September 1971 serta diumumkan dalam BNRI No.80, tanggal 5 Oktober 1971, Tambahan No.458

Kepemilikan

PT ARMAN INVESTMENTS UTAMA 9,00%
PT PERSADA CAPITAL INVESTAMA 7,85%
PT UNION SAMPOERNA 6,46%
HSBC-FUND SERVICES, LYNAS ASIA FUND 5,85%
PT SURYA SEMESTA INTERNUSA TBK 0,75%
Others 70,10%

Pencatatan di Bursa Saham

Bursa efek Indonesia sejak tanggal 27 Maret 1997

Kode Saham

SSIA

Modal Dasar

6.400.000.000 Saham

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

4.705.249.440 Saham

Jaringan Usaha

N/A

Keterangan:


Nama:
PT SURYA SEMESTA INTERNUSA TBK
Nama Komersil:
SSIA
Bidang Usaha:
Pengembangan kawasan industri, properti komersial, jasa konstruksi dan perhotelan melalui penyertaan pada Entitas Anak
Tanggal Berdiri:
15 Juni 1971
Kontak:
Tempo Scan Tower, Lantai 20 Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 3-4 Kuningan Jakarta 12950, Indonesia
Telepon:
+62215262121, 5272121
Fax:
+62215267878
Email:
inquiry@suryainternusa.com
Kategori:
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Annual Report:
2016 : PT SURYA SEMESTA INTERNUSA TBK Laporan Tahunan 2016

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id