PT SINAR MAS AGRO RESOURCE

PT SINAR MAS AGRO RESOURCE

SEKILAS SMART

Didirikan tahun 1962 dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1992, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (“SMART” atau “Perseroan”) adalah salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terintegrasi dan terkemuka di Indonesia, dengan nilai penjualan bersih sebesar Rp 29,8 triliun dan laba sebelum beban bunga, pajak, penyusutan dan amortisasi, serta laba selisih kurs (EBITDA) sebesar Rp 2,3 triliun pada tahun 2016. Aktivitas utama Perseroan dimulai dari penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit, pengolahan tandan buah segar (“TBS”) menjadi minyak sawit (“CPO”) dan inti sawit (“PK”), pemrosesan CPO menjadi produk industri dan konsumen seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel, serta perdagangan produk berbasis kelapa sawit ke seluruh dunia.

PROFIL SMART

Visi Misi Menjadi perusahaan agribisnis dan produk konsumen global yang terintegrasi dan terbaik – menjadi mitra pilihan. Dengan Misi Secara efisien, kita menyediakan produk, solusi, serta layanan agribisnis dan konsumen, yang berkualitas tinggi serta berkelanjutan, guna menciptakan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan kami.

SMART berfokus pada produksi minyak sawit yang lestari. Perseroan mengelola kebun kelapa sawit di Indonesia seluas hampir 139.000 hektar, termasuk lahan plasma. 16 pabrik kelapa sawit kami memproses TBS menjadi CPO dan PK, dengan total kapasitas sebesar 4,2 juta ton per tahun. CPO diproses lebih lanjut menjadi produk bernilai tambah, baik curah, industri maupun bermerek, melalui pabrik rafinasi kami dengan kapasitas 2,9 juta ton per tahun. PK juga diproses lebih lanjut di pabrik pengolahan inti sawit dengan kapasitas 480 ribu ton per tahun, memproduksi minyak inti sawit dan bungkil inti sawit yang bernilai tinggi.

SMART juga memasarkan dan mengekspor produk konsumen berbasis kelapa sawit. Selain minyak curah dan minyak industri, produk turunan SMART juga dipasarkan dengan berbagai merek, seperti Filma dan Kunci Mas. Saat ini, merek-merek tersebut diakui kualitasnya dan memiliki pangsa pasar yang signifikan di segmennya masing-masing di Indonesia.

SMART memiliki empat pabrik rafinasi dengan jumlah kapasitas terpasang sebesar 2,88 juta ton CPO per tahun. Seluruh pabrik rafinasi SMART telah memperoleh sertifikat ISO 22000, mencerminkan pengakuan internasional atas pemenuhan standar internasional keamanan pangan yang ketat (mencakup minyak goreng, margarin dan shortening). SMART juga mengelola empat pabrik pengolahan PK dengan jumlah kapasitas 480.000 ton per tahun, dan pabrik oleokimia berkapasitas 240.000 ton per tahun. Produk fatty acid dan gliserin kami telah diakui secara domestik dan internasional, serta terakreditasi oleh beragam sertifikasi seperti ISO 22000, OHSAS 18001, KOSHER, GMP+B2, registrasi FDA dan RSPO.

Dasar Hukum Pendirian

N/A

Kepemilikan

N/A

Pencatatan di Bursa Saham

Bursa Efek Indonesia sejak tahu 1992

Kode Saham

N/A

Modal Dasar

N/A

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

N/A

Jaringan Usaha

N/A

Keterangan:


Nama:
PT SINAR MAS AGRO RESOURCE
Nama Komersil:
SMART
Bidang Usaha:
Agribisnis dan produk konsumen global yang terintegrasi
Tanggal Berdiri:
1962
Kontak:
Sinar Mas Land Plaza, Tower II, 28th-30th Floor Jl. MH Thamrin No. 51, Jakarta 10350, Indonesia
Telepon:
+62 21 5033 8899
Fax:
+62 21 5038 9999
Email:
investor@smart-tbk.com
Kategori:
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Annual Report:
2016 : PT SINAR MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY TBK Laporan Tahunan 2016

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id