PT SARANA MULTI INFRASTRUKTUR (PERSERO)

PT SARANA MULTI INFRASTRUKTUR (PERSERO)

SEKILAS PT SMI

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“Perseroan”) adalah Badan Usaha Milik Negara (“BUMN”) Pembiayaan Infrastruktur yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2009. Seluruh saham Perseroan, dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Keuangan. Anggaran Dasar Perseroan sebagaimana dimuat dalam akta nomor 17 tanggal 26 Februari 2009 dibuat di hadapan Notaris Lolani Kurniawati Irdham Idroes SH, LLM, yang telah memperoleh persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU-09067.AH.01.01 tahun 2009 tanggal 19 Mei 2009.

Selanjutnya terdapat perubahan Anggaran Dasar Perseroan yang perubahan terakhirnya sebagaimana dimuat di dalam akta nomor 416 tanggal 27 Maret 2013 dibuat di hadapan Notaris Irma Devita Purnamasari, SH, MKn, yang telah memperoleh persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU-17492.AH.01.02. Tahun 2013 tanggal 4 April 2013 dan telah diumumkan di dalam Berita Negara Republik Indonesia Nomor 72, Tambahan Berita Negara Republik Indonesia Nomor 91063 tanggal 6 September 2013.

Perseroan didirikan dengan mandat menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, termasuk untuk mendukung pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Sesuai dengan Peraturan Kementerian Keuangan (“PMK”) No.100/PMK.010/2009 terdapat 8 sektor yang dapat dibiayai yaitu jalan dan jembatan, transportasi, minyak dan gas bumi, telekomunikasi, manajemen limbah, ketenagalistrikan, irigasi dan pengairan, serta penyediaan air minum.

Sektor ini diperluas dengan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan No. S-48/D.05/2015 di mana Perseroan diizinkan membiayai sektor infrastruktur sosial meliputi infrastruktur perkotaan, infrastruktur fasilitas pendidikan, infrastruktur kawasan, infrastruktur pariwisata, infrastruktur kesehatan, infrastruktur pemasyarakatan. Perluasan infrastruktur ketenagalistrikan sehingga meliputi efisiensi energi, Pembiayaan untuk rolling stock kereta api (lokomotif, gerbong serta boogey dan pendukung lainnya).

Struktur pemegang saham Perseroan di mana 100% dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia, menunjukkan bahwa tidak ada pemegang saham tingkat individu, pemegang saham pengendali, pemegang saham 5% dan pemegang saham Direksi/ Komisaris dan keluarga.

PROFIL PT SMI

Visi Misi Perseroan adalah Menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur nasional. Dengan Misi sebagai berikut :

1. Menjadi mitra strategis yang memberikan nilai tambah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.
2. Menciptakan produk pembiayaan yang fleksibel.
3. Menyediakan pelayanan berkualitas dengan tata kelola yang baik.

Sebagai bagian dari proses transformasi menuju LPPI, pada Rapat Paripurna DPR RI tanggal 13 Februari 2015, Dewan Perwakilan Rakyat telah menyetujui penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada Perseroan sebesar Rp20,3 triliun. Penambahan PMN ini berasal dari penambahan PMN murni sebanyak Rp2 triliun pada APBN 2015 dan pengalihan aset dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebesar Rp18,3 triliun. Meski ada rencana perubahan menjadi LPPI, hingga akhir tahun 2015 tidak ada perubahan nama Perseroan.

Perseroan masih akan melanjutkan dan mengembangkan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh PIP, di antaranya memberikan pembiayaan infrastruktur yang lebih luas hingga ke Pemerintah Daerah maupun pihak swasta, termasuk untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur sosial seperti rumah sakit dan lainlain. Selain itu, Perseroan juga dapat melanjutkan pembiayaan proyek-proyek infrastruktur pembangkit listrik geothermal. Perluasan sektor ini telah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui surat OJK nomor S-48/D.05/2015 tentang Persetujuan Izin Penambahan Obyek Pembiayaan Infrastruktur pada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Perseroan memiliki satu entitas anak, yaitu PT Indonesia Infrastructure Finance (PT IIF). PT IIF adalah perusahaan keuangan non-bank swasta di bidang pembiayaan infrastruktur yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 100/2009, yang dikelola secara profesional dengan fokus untuk berinvestasi pada proyek-proyek infrastruktur yang layak secara komersial. Sampai dengan 31 Desember 2015, kepemilikan saham Perseroan di PT IIF adalah 30,00%, dan sisanya dimiliki oleh ADB, IFC, SMBC, dan DEG.

Dasar Hukum Pendirian

Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2007, tanggal 10 Desember 2007 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia Untuk Pendirian Perusahaan Perseroan (Persero) di Bidang Pembiayaan Infrastruktur, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2008, tanggal 16 Desember 2008.

Akta Pendirian Nomor 17 Notaris Lolani Kurniati Irdham-Idroes, SH, LLM di Jakarta.

Kepemilikan

100% dimiliki oleh Negara Republik Indonesia
Kedudukan Negara Republik Indonesia selaku pemegang saham diwakili oleh Kementerian Keuangan

Pencatatan di Bursa Saham

N/A

Kode Saham

N/A

Modal Dasar

Rp25 triliun

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

Rp24,35 triliun

Jaringan Usaha

•    Nasional

Keterangan:


Nama:
PT SARANA MULTI INFRASTRUKTUR (PERSERO)
Nama Komersil:
PT SMI
Bidang Usaha:
Pembiayaan Infrastruktur
Tanggal Berdiri:
26 Februari 2009
Kontak:
Wisma GKBI 8th floor Jl. Jend. Sudirman No. 28 Jakarta, 10210
Telepon:
+62 21-5785 1499
Fax:
+61 21-5785 4298
Email:
corporatesecretary@ptsmi.co.id
Kategori:
BUMN Keuangan Non Listed (BKNL)
Annual Report:
2015 : PT SARANA MULTI INFRASTRUKTUR (PERSERO) Laporan Tahunan 2015

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id