PT PENJAMINAN INFRASTRUKTUR INDONESIA (PERSERO)

PT PENJAMINAN INFRASTRUKTUR INDONESIA (PERSERO)

SEKILAS PT PII

PT PII dirancang sebagai lembaga penyedia penjaminan yang kredibel untuk proyek-proyek infrastruktur pemerintah yang dikembangkan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk meningkatkan kelayakan kredit proyek-proyek infrastruktur guna menarik partisipasi swasta dalam proyekproyek infrastruktur di Indonesia.

PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII sebagai Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI) yang dibentuk oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 30 Desember 2009 merupakan salah satu instrumen Pemerintah dalam upaya percepatan penyediaan Infrastruktur melalui skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Penjaminan PT PII dimaksudkan untuk meningkatkan kepastian dalam mencapai Perolehan Pembiayaan (Financial Close) proyek, melalui peningkatan kelayakan kredit atau bankability dari proyek-proyek KPBU. Penjaminan infrastruktur sebagai bentuk dukungan fiskal dari Kementerian Keuangan, dimaksudkan untuk memberikan kepastian kepada swasta terkait komitmen Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dalam memenuhi kewajiban finansialnya dalam perjanjian KPBU.

Dalam melaksanakan mandatnya, PT PII berperan dalam kerangka Kebijakan Satu Pelaksana (Single Window Policy), yang dimaksudkan untuk mewujudkan akuntabilitas, transparansi serta konsistensi dalam pemberian jaminan dan pemrosesan klaim, guna meningkatkan kepercayaan investor untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek infrastruktur di Indonesia, namun dengan tetap menjaga kepentingan Pemerintah, utamanya terkait kewajiban kontinjensi yang mungkin timbul kepada Pemerintah akibat pemberian penjaminan pemerintah.

Untuk menjalankan fungsi penjaminan sebagai bidang usaha utama, hingga saat ini, Pemerintah telah melakukan penyertaan modal dari APBN ke PT PII sebesar Rp6 triliun. PT PII secara bertahap akan mengurangi ketergantungan pada APBN dan akan meningkatkan kapasitas penjaminannya melalui kerja sama dengan berbagai institusi keuangan, baik institusi multilateral (Bank Dunia, ADB, IDB, MIGA), institusi bilateral, maupun lainnya.

PROFIL PT PII

Visi Perusahaaan adalah Menjadi satu-satunya penyedia penjaminan yang memiliki peran penting dalam menarik partisipasi swasta untuk pembangunan infrastruktur dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan Misi Menyediakan produk-produk penjaminan melalui proses bisnis yang transparan dan baik. Melaksanakan kebijakan “Satu Pelaksana” dalam proses pemberian jaminan dengan modal yang kuat dan manajemen yang profesional. Meningkatkan kelayakan kredit proyek infrastruktur Indonesia.

PT PII merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara yang memperoleh mandat untuk memberikan penjaminan atas proyekproyek infrastruktur Pemerintah yang dikembangkan dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Penjaminan PT PII diharapkan dapat memberikan kepastian terhadap komitmen Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) sehingga swasta merasa aman dalam berinvestasi kepada proyek infrastruktur Pemerintah. Keberadaan infrastruktur yang merata mendukung usaha Pemerintah untuk dapat meningkatkan kemajuan ekonomi Negara dan kesejahteraan masyarakat.

Sasaran Perusahaan terkait dengan mandat utama Perusahaan yaitu bisnis penjaminan dan hal ini akan selalu menjadi inti usaha Perusahaan. Namun dalam pelaksanaannya, ada banyak hal-hal yang perlu dibangun, disiapkan, didorong untuk bisa mencapai sasaran tersebut. Selain itu juga sistem dan tata cara dokumentasi yang dapat menangkap akumulasi pengetahuan dan pengalaman proses penjaminan atas sektor-sektor yang selama ini dibangun perlu menjadi fokus Perusahaan ke depan.

Seiring dengan penugasan Pemerintah kepada BUMN untuk beberapa proyek infrastruktur prioritas, PT PII juga sedang menjajaki rencana perluasan mandatnya dengan Kementerian Keuangan sehingga kedepannya PT PII diharapkan dapat pula menyediakan penjaminan untuk proyek-proyek dengan skema non KPBU. PT PII memperoleh peringkat kredit BBB- (outlook stabil) dari Fitch Ratings, lembaga pemeringkat keuangan internasional, setara dengan peringkat Pemerintah Indonesia yang menunjukkan pengakuan atas kapasitas dan kinerja keuangan Perusahaan.

Dasar Hukum Pendirian

Akta Pendirian oleh: Notaris Lolani Kurniati Irdham-Idroes, SH. LLM No. 29 tanggal 30 Desember 2009.

Anggaran Dasar Perusahaan telah mengalami beberapa kali perubahan dan terakhir dirubah dengan Akta Notaris Aryanti Artisari, S.H., M.Kn. No. 59 tanggal 11 April 2013.

Kepemilikan

Pemerintah Indonesia 100%

Pencatatan di Bursa Saham

Saham Perusahaan belum dicatatkan di Bursa Efek Indonesia.

Kode Saham

N/A

Modal Dasar

Rp9.000.000.000.000, terdiri dari 9.000.000 lembar saham dengan nominal Rp1.000.000 per saham

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

Rp6.000.000.000.000, terdiri dari 6.000.000 lembar saham dengan nominal Rp1.000.000 per saham

Jaringan Usaha

•    N/A

Keterangan:


Nama:
PT PENJAMINAN INFRASTRUKTUR INDONESIA (PERSERO)
Nama Komersil:
PT PII
Bidang Usaha:
Penjaminan Infrastruktur dalam proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU)
Tanggal Berdiri:
30 Desember 2009
Kontak:
Sampoerna Strategic Square North Tower 14th floor Jl. Jenderal Sudirman Kav. 45-46, Jakarta 12930 Indonesia
Telepon:
+62 21 57950550
Fax:
+62 21 57950040
Email:
info@iigf.co.id
Kategori:
BUMN Keuangan Non Listed (BKNL)
Annual Report:
2015 : PT PENJAMINAN INFRASTRUKTUR INDONESIA (PERSERO) Laporan Tahunan 2015

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id