PT LEN INDUSTRI (PERSERO)

PT LEN INDUSTRI (PERSERO)

SEKILAS PT LEN

PT Len Industri (Persero) berasal dari Lembaga Elektroteknika Nasional (LEN) yang merupakan salah satu unit penelitian dan pengembangan di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mencakup bidang- bidang elektronika, tenaga listrik, telekomunikasi dan komponen. Pada tahun 1989, melalui Keppres No.44/1989 Pemerintah membentuk Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS). UPT Pusat LEN-LIPI termasuk di bawah pembinaan, pengelolaan dan pengawasan langsung BPIS.

Sebagai tindak lanjut dari Keppres tersebut, tanggal 8 Maret 1990, dilakukan serah terima sarana, prasarana dan perbantuan karyawan Puslitbang-TELKOMA, TELIMEK, INKOM dan UPT Pusat LEN-LIPI dari Menteri/Sekretaris Negara kepada Menteri Negara Riset dan Teknologi selaku Ketua BPIS. Seluruh sarana, prasarana dan perbantuan karyawan tersebut disatukan dalam wadah organisasi Unit Produksi LEN-BPIS.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.35 tahun 1998 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia untuk pendirian perusahaan perseroan (persero) di bidang industri, dibentuk PT Pakarya Industri (Persero). Dengan beralihnya saham milik Negara ke Persero tersebut, status PT Len Industri menjadi anak perusahaan dari PT. Pakarya Industri (Persero). Untuk itu, perubahan anggaran dasar perusahaan dilakukan melalui Akte Notaris Toety Juniarto, SH No.81 tanggal 17 September 1998. Selanjutnya PT Pakarya Industri (Persero) berubah menjadi PT Bahana Pakarya Industri Strategis (PT BPIS).

Pada tahun 2002 status PT Len Industri berubah kembali menjadi perusahaan perseroan (persero) dengan dibubarkannya PT BPIS, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2002, tanggal 23 September 2002. Dengan adanya perubahan status tersebut anggaran dasar PT Len Industri diubah kembali melalui Akte Notaris Lenny Janis Ishak, SH No. 10 tanggal 4 November 2002. Pemegang Saham Utama dan Pengendali Len 100% adalah Pemerintah Republik Indonesia dengan wakil kuasa Pemegang Saham adalah Kementerian Negara BUMN RI.

PROFIL PT LEN

Len adalah satu-satunya BUMN yang bergerak dalam bidang elektronika untuk industri dan prasarana. Arah pengembangan perusahaan dijelaskan dalam visi perusahaan, yaitu: Menjadi Perusahaan Elektronika Kelas Dunia. Dengan Misi Perusahaan Meningkatkan Kesejahteraan Stakeholder Melalui Inovasi Produk Industri Elektronika dan Prasarana.

Dalam bidang renewable energy, Len Technopark merupakan pengembangan fasilitas produksi panel surya dari yang sudah ada di Len saat ini dengan kapasitas produksi 10 MWp / tahun dan ditargetkan menjadi 60MWp / tahun. Diproyeksikan, selain memiliki nilai industri, Len Technopark ini juga akan menjadi kawasan wisata teknologi. Dalam lini bisnis perkeretaapian, di tahun 2014 Len sukses merampungkan proyek Double Track Lintas Utara Pulau Jawa sepanjang 435 Km yang melintasi ± 55 Stasiun dan sekitar ± 20 Intermediate Block yang juga dilengkapi dengan perangkat telekomunikasi berbasis serat optik.

Len membentuk Divisi Pengembangan Bisnis dan Investasi dengan sasaran untuk meningkatkan pendapatan portofolio perusahaan dari hasil bisnis investasi serta memperkuat bisnis perusahaan agar bisa lebih bersaing di pasar domestik, regional dan global dan mengurangi ketergantungan terhadap proyek-proyek pemerintah. Pada tahun ini, Len Technopark diresmikan oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno tepatnya pada tanggal 9 Oktober 2015. Kemudian pada bulan November 2016, untuk pertama kalinya Len memasok 734 Radio Militer merek Len tipe LenVDR10-MP untuk TNI AD. Presiden RI Joko Widodo meresmikan Independent Power Producer Pembangkit Listrik Tenaga Surya (IPP PLTS) milik PT Len Industri (Persero) berkapasitas 5MWp di Kupang yang merupakan IPP pertama dan PLTS terbesar di Indonesia. Power Purchase Agreement (PPA) antara Len-PLN sudah ditandatangani pada tanggal 9 Januari 2015.

Dasar Hukum Pendirian

Akta Nomor 18 tanggal 7 Oktober 1991 Notaris Masri Husen, SH, Notaris di Kota Bandung, dan telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan nomor: C2.6011.HT.01.01 tahun 1992, tanggal 28 Juli 1992 dan tercantum dalam Berita Negara Rebublik Indonesia nomor: 77, tanggal 25 September 1992.

Kepemilikan

Pemerintah Republik Indonesia 100%

Pencatatan di Bursa Saham

N/A

Kode Saham

N/A

Modal Dasar

Rp 700.000.000.000 (tujuh ratus miliar rupiah) terbagi atas700.000 (tujuh ratus ribu) lembar saham

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

Rp 175.001.000.000 (seratus tujuh puluh lima miliar rupiah) yang diambil penambahan dari saham yang masih dalam simpanan (portepel) sejumlah 129.399 (seratus dua puluh sembilan ribu tiga ratus sembilan puluh sembilan) lembar saham

Jaringan Usaha

N/A

Keterangan:


Nama:
PT LEN INDUSTRI (PERSERO)
Nama Komersil:
PT LEN
Bidang Usaha:
Elektronika untuk Industri dan Prasarana
Tanggal Berdiri:
7 Oktober 1991
Kontak:
Jl. Soekarno Hatta 442 Bandung 40254 Indonesia
Telepon:
62-22-5202682
Fax:
62-22-5202695
Email:
corporate@len.co.id
Kategori:
BUMN Non Keuangan Non Listed (BNKNL)
Annual Report:
2015 : PT LEN INDUSTRI (PERSERO) Laporan Tahunan 2015

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id