PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO), Tbk

PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO), Tbk

SEKILAS PT BANK BTN

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., atau yang lebih dikenal dengan nama Bank BTN (selanjutnya disebut Perseroan) memiliki sejarah yang sangat panjang di industri perbankan di Indonesia. Bank BTN telah berdiri sejak tahun 1897 dengan nama Postspaarbank. Di era kemerdekaan, tepatnya tahun 1950 Pemerintah Republik Indonesia mengubah nama Postspaarbank menjadi Bank Tabungan Pos, dan kemudian berganti nama lagi menjadi Bank Tabungan Negara pada tahun 1963.

Pada tahun 1974, Perseroan ditunjuk Pemerintah sebagai satusatunya institusi yang menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi golongan masyarakat menengah ke bawah, sejalan dengan program Pemerintah yang tengah menggalakkan program perumahan untuk rakyat. Perseroan mencatatkan saham perdana pada17 Desember 2009 di Bursa Efek Indonesia, dan menjadi bank pertama di Indonesia yang melakukan sekuritisasi aset melalui pencatatan transaksi Kontrak Investasi Kolektif - Efek Beragun Aset (KIK-EBA). Sebagai Bank yang focus pada pembiayaan perumahan, Perseroan berkeinginan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mewujudkan impian mereka untuk memiliki rumah idaman.

Pemegam saham mayoritas Bank BTN terdiri dari Pemerintah Republik Indonesia 60,04%, Masyarakat 38,96%, dan Karyawan 1,00%. Pada 17 Desember 2009 Perseroan mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten BBTN.

PROFIL PT BANK BTN

Perseroan senantiasa konsisten dalam menekankan fokusnya sebagai Pemimpin pembiayaan perumahan, Perseroan bercitacita menjadi The Leading Housing Bank in Indonesia with World Class Service. Perseroan terus meningkatkan jumlah jaringan kantor dan juga pada tahun 2015 perseroan juga menambah 5 (lima) outlet prioritas di seluruh Indonesia.

Dengan konsistensi selama lebih dari enam dekade, dalam menyediakan beragam produk dan layanan di bidang perumahan, terutama melalui KPR, baik KPR Subsidi untuk segmen menengah ke bawah maupun KPR Non Subsidi untuk segmen menengah ke atas. Sebagai Bank yang fokus pada pembiayaan perumahan, Perseroan juga sukses meningkatkan posisinya menjadi peringkat ke-10 bank terbesar di Indonesia dari segi aset serta penyaluran kredit. Dengan tujuan memberikan hasil terbaik kepada para pemangku kepentingan, Perseroan senantiasa konsisten dalam menekankan fokusnya sebagai pemimpin pembiayaan perumahan, Perseroan bercita-cita menjadi The Leading Housing Bank in Indonesia with World Class Service.

Saat ini, Perseroan fokus pada pembiayaan sektor perumahan melalui tiga produk utama, yakni perbankan konsumer, perbankan komersial dan perbankan syariah. Pada tahun 2015 Perseroan berperan penting dalam membantu program Pemerintah: Sejuta Rumah Untuk Rakyat, Perseroan telah ditunjuk sebagai salah satu Bank yang mendukung program pemerintah melalui pembiayaan KPR.

Dasar Hukum Pendirian

Undang-Undang Darurat No. 9 Tahun 1950 Lembaran Negara Republik Indonesia No. 12 Tahun 1950

Kepemilikan

•    Pemerintah Republik Indonesia 60,04%
•    Masyarakat 38,96%
•    Karyawan 1,00%

Pencatatan di Bursa Saham

Bursa Efek Indonesia

Kode Saham

BBTN

Modal Dasar

Rp10.239.216.000.000

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

Rp5.291.172.500.000

Jaringan Usaha

•    3.761 Kantor Konvensional
•    50 Jaringan Kantor Syariah
•    5 Outlet Prioritas

Keterangan:


Nama:
PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO), Tbk
Nama Komersil:
BANK BTN
Bidang Usaha:
Bank Umum
Tanggal Berdiri:
9 Februari 1950
Kontak:
Menara Bank BTN Jl. Gajah Mada No. 1 Jakarta 10130, Indonesia
Telepon:
62-21 6336789, 6332666
Fax:
62-21 6346704
Email:
csd@btn.co.id, admin@btn.co.id
Kategori:
BUMN Keuangan Listed (BKL)
Annual Report:
2015 : BANK TABUNGAN NEGARA Laporan Tahunan 2015

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id