Merangkai Strategi Pemanfaatan Media Sosial Bagi Perusahaan

Ilustrasi
Ilustrasi | ZDNet.com

Perkembangan zaman yang terus memperlihatkan kemajuan teknologi, sudah pasti membawa perubahan atau pergeseran terhadap gaya hidup. Dengan menjamurnya smart phone dan aplikasi media sosial yang semakin berkembang, tentu saja menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang bagi perusahaan untuk memanfaatkannya guna kelangsungan usaha.

Di sinilah salah satu fungsi Public Relations (PR) diperlukan guna mengelola perkembangan teknologi khususnya perkembangan media sosial untuk menjadi salah satu alat untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Pasalnya, PR berperan penting bagi perusahaan dalam menjalin hubungan yang saling menguntungkan.

Saat ini, media sosial tidak dapat dilepaskan dari kehidupan publik. Media sosial secara perlahan dan pasti akan menjadi salah satu hal yang penting bagi aktivitas publik, baik dalam memenuhi gaya hidup maupun sebagai penunjang dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan. Seorang PR harus melihat bahwa keberadaan media sosial sangat membantu dan menjadi alat yang vital dalam membangun komunikasi perusahaan.

Kampanye komunikasi melalui media sosial haruslah dilakukan seefektif mungkin untuk mencapai berbagai lapisan publik. Indonesia memiliki berbagai segmentasi publik dengan kehidupan masyarakatnya yang sangat heterogen. Beragam upaya dapat dilakukan PR untuk meningkatkan citra positif perusahaan, mengingat begitu besarnya pengguna media sosial bagi Indonesia maupun seluruh dunia.

Dengan demikian, banyaknya pengguna media sosial menjadi selling poin yang cukup menguntungkan bagi seorang PR yang menjadi corong utama komunikasi perusahaan untuk membangun brand saling pengertian dengan publiknya secara intensif, luas, dan lebih emosional, sehingga tujuan yang hendak diinginkan dapat tercapai.

Dengan menggunakan media sosial, PR dapat menyampaikan dan menyebarkan informasi dengan lebih mudah dan luas. Namun, bukan berarti dapat menggunakan media sosial secara sembarangan, karena kesalahan kecil akan menjadi viral sosial yang luas. Sebagai seorang PR yang baik, hendaknya mempergunakan kecanggihan yang ada dengan tetap mengacu kepada aturan-aturan kehumasan yang ada dan secara bijaksana dan terarah. (DD)