3 Praktik GCG yang Melebihi Standar

| 0

Di dalam 8 kriteria penilaian Annual Report Award 2014, Good Corporate Governance (GCG) merupakan poin terpenting dan terbesar yaitu 40%. GCG yang bernilai 35% adalah bila memenuhi standar penerapan GCG yang berlaku di Indonesia. Sedangkan tambahan 5% adalah praktik GCG yang melebihi standar tersebut. Namun apabila praktik GCG buruk, akan mengurangi porsi penilaian GCG yang 35%.

Apa saja praktik GCG yang melebihi standar? Ada 3 poin penting. Pertama, terdapat surat pernyataan tanggung jawab manajemen atas Laporan Keuangan(annual report) bagi Perusahaan non Tbk. Ini mencerminkan bahwa manajemen memiliki komitmen dalam menjalankan perusahaan dan terhadap annual report yang dikeluarkannya, meskipun perusahaan belum berupa perusahaan Tbk yang sahamnya dimiliki oleh publik.

Kedua, menyampaikan Laporan Keberlanjutan atau CSR yang disusun berdasarkan standar yang berlaku secara internasional (misalnya GRI Sustainability Reporting Guidelines atau ISO 26000). Saat ini perusahaan tidak hanya dituntut untuk bisa menghasilkan keuntungan (profit) saja. Namun lebih jauh juga dituntut untuk memiliki kepedulian sosial dan membantu mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di negara dan masyarakat dimana perusahaan melakukan aktivitasnya. Selain itu perusahaan juga dituntut untuk tidak merusak lingkungan dan ikut berperan aktif dalam menjalankan pelestarian lingkungan.

Ketiga, Keberagaman komposisi Dewan Komisaris dan Direksi. Keberagaan Dewan Komisaris dan Direksi mencerminkan profesionalitas perusahaan. Apabila direksi dan komisaris hanya anggota keluaga pemilik saja, tanpa ada unsur pihak independen dan profesional maka pengelolaan perusahaan masih dianggap tidak profesional. Saat ini banyak investor dan kalangan bisnis internasional menilai perusahaan yang maju adalah yang memberikan kesempatan kepada kaum wanita untuk memegang posisi pimpinan. Apabila porsi direksi pria dan wanita cukup berimbang, akan muncul penilaian bahwa gender bukanlah sebuah isu di dalam perusahaan tersebut. Kalau bisa mendapat nilai GCG 40% kenapa harus mendapat nilai dibawah 35%?