Kembangkan Bisnis, Maybank Indonesia Rangkul Pelaku UKM Jepang

Maybank Indonesia merangkul pelaku UKM Jepang
Maybank Indonesia merangkul pelaku UKM Jepang | www.maybank.com

Dalam rangka mengembangkan bisnis, PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (Maybank Indonesia) dan Japan External Trade Organization (JETRO) bekerja sama dengan Small and Medium Enterprises of Japan (SMEJ) dan Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN) menyelenggarakan seminar bisnis di kantor pusat Maybank Indonesia, Senayan, Jakarta, Senin (5/9/2016).

Seminar yang mengangkat tema “Bagaimana menurunkan biaya untuk perakitan kendaraan dengan meningkatkan persentase penggunaan bahan lokal dan bagaimana meningkatkan penjualan hasil produksi di pasar Indonesia” memang ditujukan untuk para pelaku UKM. Seminar ini pun menjadi forum diskusi di antara para pelaku UKM Jepang yang tergabung dalam Small and Medium Enterprises of Japan (SMEJ), perusahaan Jepang di Indonesia sebagai pembeli (buyer), perusahaan dari Kawasaki, Jepang sebagai pemasok (supplier) dan perusahaan Indonesia sebagai pemasok. 

Dalam mendukung kemitraan para pengusaha tersebut, Maybank Indonesia menjadi bank yang menyediakan rangkaian produk dan layanan perbankan kepada para pengusaha UKM Jepang di Indonesia, mulai dari segmen perbankan ritel hingga perbankan global.  Layanan perbankan yang ditawarkan Maybank Indonesia termasuk account services dan remitansi (remmitance), pembiayaan perdagangan (trade finance), valuta asing (foreign exchange), serta produk treasury lainnya.
 
“Selaras dengan misi kami, humanising financial services, khususnya dalam menyediakan akses yang nyaman kepada nasabah serta memberikan advice kepada nasabah berdasarkan kebutuhannya, kami telah mendedikasikan unit International Strategic Business, yang dikenal juga dengan Maybank Japan Desk untuk memberikan layanan perbankan secara lebih dekat kepada perusahaan dan komunitas Jepang.  Bisnis kami bertumbuh bersama dengan perusahaan dan komunitas Jepang dan kami memberikan layanan perbankan terbaik kepada mereka melalui Maybank Japan Desk,” kata Head International Strategic Business Maybank Indonesia Nancy Novita Helen melalui keterangan persnya (6/9).
 
Saat ini, Maybank Indonesia telah memberikan layanan perbankan kepada 485 perusahaan Jepang dan lebih dari 3.500 ekspatriat Jepang, yang secara individu telah menggunakan jasa perbankan Maybank. Di samping itu, Maybank Indonesia juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan 11 Bank Regional Jepang.
 
Pengusaha UKM Jepang dapat mengakses produk dan layanan perbankan melalui jaringan Maybank Indonesia yang luas, dengan 431 kantor cabang di seluruh Indonesia, termasuk kantor cabang Maybank Indonesia di kawasan industri seperti Sentra Karawang International Industrial City (KIIC), Jababeka dan MM2100.  Para pengusaha UKM Jepang dengan mudah mendapatkan layanan informasi dari Maybank Japan Desk yang akan menjawab kebutuhan informasi pengusaha UKM Jepang di Indonesia. (DD)