Esensi: Wujudkan Keadilan Soasial, Pertamina Telah Operasikan 77 SPBU BBM 1 Harga

ilustrasi
Salah satu BBM Satu Harga di wilayah 3T | Dok. Pertamina

PT Pertamina (Persero) tersu merealisasikan program BBM Satu Harga yang merupakan program Pemerintah dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Di mana menjadi perhatian khusus Pemerintah agar masyarakat yang tinggal di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) bisa merasakan harga BBM sesuai ketentuan Pemerintah dalam rangka pemerataan dan asas keadilan.

Esensi Berita:

  1. Pertamina terus merealisasikan BBM Satu Harga di beberapa wilayah Indonesia. Sampai dengan minggu pertama September 2018, Pertamina telah mengoperasikan 77 titik BBM Satu Harga.
  2. Dalam keterangan yang dilansir laman Perseroan, Kamis (13/9/2018), Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, menyatakan jumlah tersebut meliputi 54 titik yang telah beroperasi pada tahun 2017 dan 23 titik yang beroperasi hingga awal September 2018.
  3. Pada tahun tahun 2018, Pertamina ditargetkan mengoperasikan 67 titik BBM Satu Harga, di mana sisanya sebanyak 44 titik masih melewati proses perijinan dan pembangunan. “Kami berharap target yang ditetapkan Pemerintah dapat diselesaikan sampai akhir 2018,”kata Adiatma.
  4. Dengan BBM Satu Harga, warga di pedalaman yang sebelumnya membeli Premium dengan harga kisaran Rp 25 – 40 ribu/liter atau lebih, kini bisa menikmati harga Rp 6.450 per liter.

Info Terkait:

  1. Pertamina pun mengungkapkan, titik BBM Satu Harga pertama untuk nelayan juga mulai terealisasi di Kabupaten Bintuni, Provinsi Papua Barat. “Peresmiannya sudah dilakukan oleh BPH Migas dan Bupati Bintuni pada 12 September 2018. Lembaga panyalurnya didirikan dalam bentuk SPBU Nelayan,” ujar Manager Fuel Retail Marketing Pertamina MOR VIII Maluku-Papua, Fanda Chrismianto, seperti dikutip Antaranews.com, Kamis (13/9/2018).
  2. Fanda berharap, dengan telah beroperasinya SPBUN Bintuni, masyarakat khususnya para nelayan dapat beraktifitas lebih baik dan mampu meningkatkan taraf hidupnya karena kini telah tersedia fasilitas pengisian BBM resmi.
  3. Sementara itu, di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, kini warga tak perlu merogok kocek hingga Rp 70 ribu, untuk mendapatkan satu liter Solar atau Premium. Dengan adanya SPBU BBM Satu Harga yang baru saja diresmikan, harga BBM di Wamena telah sama dengan wilayah Indonesia lainnya.
  4. “Sebelum ada penyamaan harga seperti sekarang, BBM di sini bisa di jual dengan harga Rp 50 ribu sampai Rp 70 ribu per liter untuk Solar atau Premium. Tapi, sekarang kami di sini bisa membeli BBM dengan harga yang sama seperti di wilayah lain,” ujar Martinus, salah satu warga Wamena, seperti dilansir Republika.co.id, Kamis (13/9/2018).(DD)