Digandeng Grab, BRISyariah Berikan Pembiayaan UMKM Kuliner Sebesar Rp200 Juta

ilustrasi
Kesepakatan kerjasama antara BRISyariah dan Grab Indonesia | Dok. Bank BRISyariah

PT Bank BRIsyariah Tbk (BRIS) memberikan fasilitas pembiayaan Faedah Mikro kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner yang tergabung dalam rekanan GrabFood di Surabaya dan Yogyakarta. Perseroan memberikan pembiayaan sebesar Rp200 juta, pada UMKM rekanan dari PT Grab Indonesia.

Penyaluran tersebut ditandai dengan penandatangan memorandum of understanding (MoU) yang bertempat di Geldboom Food Plaza Surabaya, Kamis (9/8/2018) kemarin, yang ditandangani oleh Direktur Bisnis Ritel BRIsyariah, Widodo Januarso, dan Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, yang disaksikan oleh manajemen BRIsyariah dan manajemen Grab Indonesia.

“Melalui kerja sama ini, kami optimis dapat memberikan nilai tambah bagi mitra GrabFood dan juga pengguna yang membuat fasilitas ini semakin menjadi pilihan utama masyarakat,” ungkap Widodo, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/8/2018).

Widodo menjelaskan, fasilitas pembiayaan Faedah Mikro saat ini tersedia bagi rekanan GrabFood di Surabaya dan Yogyakarta, di mana mereka akan mendapatkan akses pembiayaan dari BRIsyariah melalui dua skema, yaitu pembiayaan Faedah Mikro dengan maksimum plafond sampai dengan Rp200 juta dengan skema jual beli (murabahah) dan sewa dengan jangka waktu hingga 5 tahun. Selain itu, mitra GrabFood juga akan mendapat keuntungan lebih, bagi yang memiliki agunan akan mendapatkan fasilitas pembiayaan dengan minimum 70%.

“BRIsyariah menjadi Bank Syariah pertama yang memberikan Pembiayaan Faedah Mikro bagi mitra GrabFood. Melalui skema ini, rekanan GrabFood akan mendapatkan beragam kemudahan. Fasilitas ini memberikan keuntungan sebagai upaya mendukung UMKM rekanan GrabFood dalam mengembangkan usaha mereka.” jelas Widodo.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengaku sangat senang dan menyambut baik kerjasama dengan bank BRIsyariah yang telah memiliki rekam jejak positif dan merupakan satu-satunya Bank Syariah yang dapat menyalurkan subsidi KUR syariah bagi tenaga kerja sektor informal di Indonesia.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat memberikan nilai tambah bagi rekanan GrabFood yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan tambahan modal dan membantu mengembangkan bisnis kuliner mereka,” ujar Ridzki.

Menurut Ridzki, Grab akan merekomendasikan rekanan GrabFood yang telah bergabung dalam platform Grab selama lebih dari 3 bulan dan memiliki transaksi aktif lebih dari 100 kali kepada Bank BRIsyariah. Selanjutnya, Bank BRIsyariah akan menentukan merchant mana yang dapat memperoleh fasilitas pembiayaan dengan skema KUR Syariah.

“Saat ini, pencapaian Grab tidak lepas dari dukungan mitra kami di seluruh Indonesia, termasuk rekanan GrabFood. Kerjasama ini merupakan bukti komitmen kami dalam meningkatkan taraf hidup dan produktivitas mitra pengemudi kami. Melalui sinergi ini, rekanan GrabFood akan mendapatkan keuntungan secara strategis, baik secara finansial termasuk kesempatan pengembangan usaha. Selain itu, Grab juga dapat memanfaatkan berbagai layanan dan produk perbankan dari BRIsyariah, baik untuk transaksional, penghimpunan dana, maupun pembiayaan,” papar Ridzki.

Sebagai informasi, saat ini, Grab memiliki 60.000 outlet rekanan GrabFood yang tersebar di seluruh Indonesia dengan outlet rekanan GrabFood di Surabaya dan Yogyakarta akan medapat akses fasilitas pembiayaan dari Bank BRISyariah.(DD)