BRI Salurkan Fasilitas Kredit Rp300 Miliar ke Perusahaan Pembiayaan Kendaraan Bermotor

ilustrasi
Bank Rakyat Indonesia | Dok. Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) terus memperluas akselesainya dalam penyaluran Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BRI, dengan memberikan fasilitas uncommited credit line senilai Rp300 miliar kepada PT Trihamas Finance

“Kami punya target pertumbuhan kredit konsumer sekitar 2%. Kerjasama ini untuk men-support target tersebut,” kata Executive Vice Presiden Bank BRI, Sutadi Prayitno, dalam keterangannya yang dilansir Sindonews.com, Kamis (13/9/2018).

Menurut Sutadi, kredit konsumer Bank BRI saat ini angkanya mencapai hampir Rp180 triliun. Untuk segmen kredit kendaraan bermotor hanya 10% dari total kredit konsumer. “KKB kami ada dua, jualan langsung dan kerjasama dengan multifinance,” tambah Sutadi.  

Penyaluran pendanaan tersebut, diakui Sutadi, juga untuk mendukung portofolio kredit konsumer. Di mana selain memberikan kredit kendaraan bermotor secara individual, BRI juga berkerjasama dengan perusahaan multifinance.

“Tapi kami juga pilih-pilih perusahaan multifinance yang segmentasinya sesuai dengan kami,” ujar Sutadi seperti dikutip Bisnis.com, Kamis (13/9/2018).

Sutadi melanjutkan, bahwa pasar kendaraan motor sejauh ini masih baik dari sisi pertumbuhan. BRI yang tergolong pemain baru merasakan kenaikan kredit kendaraan bermotor sebanyak 18% per Agustus 2018.

Akan tetapi secara nilai, capaian pertumbuhan itu termasuk rendah dibandingkan dengan industri. Bank pelat merah ini mengaku kredit kendaraan bermotor bukan bisnis utama. “Cabang kami tidak semua fokus ke konsumer,” jelas Sutadi.

Kendati demikian, perlahan tapi pasti, BRI hendak menggenjot bisnis kredit kendaraan bermotor. BRI Finance dan kolaborasi dengan multifinance akan berjalan beriringan.

Adapun kerja sama antara BRI dengan Trihamas telah terjalin sejak 2010 melalui fasilitas uncommited line skema channeling dan joint financing. Selain itu, BRI memberikan pelayanan perbankan seperti cash management system, cash pooling, BRI Virtual Account, kartu kredit, rekening giro, deposito, dan jaringan e-channel seperti mesin ATM.

Sementara itu, sepanjang tahun ini BRI menargetkan penyaluran kredit kendaraan bermotor sebesar Rp1 triliun. Secara umun, kredit konsumer Perseroan tumbuh antara 16% - 17% secara tahunan (yoy) per Semester I/2018, di mana capaian tersebut telah sesuai dengan proyeksi.(DD)