Bank Mandiri Gandeng Dian Kencana Perluas Layanan Branchless Banking

Ilustrasi teller Bank Mandiri tengah melayani nasabah
Ilustrasi teller Bank Mandiri tengah melayani nasabah | www.bumn.go.id

PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri) terus melakukan upaya dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Kali ini, Bank Mandiri memperluas akses layanan branchless banking untuk menjangkau masyarakat yang belum punya akses keuangan (unbanked).

Untuk mendukung upaya tersebut, Bank Mandiri menggandeng PT Dian Kencana Puri Prima (DKPP), distributor salah satu perusahaan telekomunikasi nasional, sebagai pemberi referral loket-loket atau toko penjual pulsa di bawah kelolaannya.

Peluncuruan kerja sama tersebut dilakukan Director Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans dan Direktur Utama DKPP Dian Hariani yang disaksikan Director Commercial Banking Bank Mandiri Kartini Sally di Jakarta, Senin (5/12/2016).

Kartini mengatakan, saat ini transformasi industri telekomunikasi semakin bergerak ke arah layanan data. Dan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sektor telekomunikasi selalu berada di atas nasional selama enam tahun terakhir. Namun pertumbuhannya turun dari double digit menjadi single digit.

“Dari sisi demand, besarnya jumlah penduduk berkolerasi dengan kebutuhan penggunaan telekomunikasi. Besarnya jumlah penduduk Indonesia juga membuat tingginya pertumbuhan telekomunikasi,” kata Director Commercial Banking Bank Mandiri Kartini Sally.

Menurut dia, hal ini terbukti dengan jumlah pelanggan mobile atau pengguna sim card terus bertambah hingga melebihi jumlah penduduk. Hal ini menjadi peluang bagi DKPP untuk terus mengembangkan layanan berbasis teknologi dan jaringan.

Dengan adanya kerja sama tersebut, diharapkan masyarakat terutama segmen unbanked dapat melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan aman. Mereka cukup datang ke toko-toko pulsa milik DKPP untuk melakukan transaksi dasar keuangan, seperti penyetoran atau penarikan tunai dari rekening melalui rekening Mandiri E-Cash.

Ke depannya, sedang dikembangkan untuk pembukaan, penyetoran dan penarikan dari rekening tabungan Laku Pandai. Menurut Kartini, kerja sama ini menjadi implementasi komitmen perusahaan dalam mendukung agenda program keuangan inklusif dan gerakan nasional nontunai (GNNT).

“Sinergi dengan DKPP ini nantinya akan membantu Bank Mandiri dalam mendukung pemerintah menyalurkan bantuan sosial non tunai,” tandas Kartini. (DD)