Anak Usaha WIKA Bakal Produksi 50 Ribu Motor Listrik

ilustrasi
Hasil produksi WIKA Industri dan Konstruksi | Dok. WIKA Industri dan Konstruksi

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) melalui anak usahanya yakni PT WIKA Industri dan Konstruksi akan memproduksi 50.000 unit motor listrik Gesits per tahun. Bahkan, skuter elektrik (skutik) bertenaga listrik buatan dalam negeri ini, dijadwalkan dapat dipasarkan pada November 2018 nanti.

“Ke depan, kapasitas produksi akan dikembangkan hingga mampu mencapai produksi 100.000 unit per tahun,” ujar Direktur Utama WIKA, Tumiyana, dalam keterangannya yang dilansir Koran-Jakarta.com, Rabu (8/8/2018).

Tumiyana menambahkan, WIKA Industri dan Konstruksi telah menyiapkan fasilitas dan peralatan industri di Kawasan Industri Wika (KIW) untuk mendukung proses produksi Gesits yang sempurna dan diciptakan oleh pelajar Indonesiai.

Untuk produksi sepeda motor listrik ini, kata Tumiyana, WIKA Industri dan Konstruksi akan menggunakan salah satu bangunan seluas 2.400 meter persegi di KIW yang dimanfaatkan untuk fasilitas penerimaan komponen, perakitan kendaraan, dan pengujian akhir.

Sementara Tumiyana membenarkan, terkait rencana penjualan Gesits secara massal itu pada bulan November mendatang. “Sekarang sudah siap produksi, untuk launching di bulan September 2018,” katanya, seperti dikutip Kontan.co.id, Rabu (8/8/2018).

Tumiyana menambahkan, 89% komponen Gesits bakal diproduksi oleh lokal, contohnya untuk komponen baterai motor bertenaga listrik bakal dipasok oleh PT Pertamina (Persero). Disebut, dengan tenaga listrik, motor ini diprediksi bakal 50% lebih irit ketimbang motor konvensional berbahan bakar bensin.

Skutik Gesits ini, lanjut Tumiyana, merupakan hasil pengembangan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Garansindo Group bekerjasama dengan WIKA Industri dan Konstruksi.(DD)