Terkait dengan Paket Kebijakan Ekonomi Tahap XIV yang diluncurkan belum lama ini, Pemerintah memutuskan PT Pos Indonesia (Persero) atau PT Pos menjadi platform e-commerce sektor logistik nasional. Dengan keputusan tersebut, Pemerintah akan segera mereposisi PT Pos Indonesia dengan menambahkan fungsinya yakni pada sektor logistik.
Transformasi PT Pos Indonesia sebagai platform logistik nasional tersebut, dimasukkan dalam paket kebijakan ekonomi jilid XIV perihal roadmap e-commerce.
Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono sempat mengemukakan, pihaknya akan melakukan kolaborasi dengan e-commerce player dan mengembangkan layanan payment.
Sementara itu, PR Manager PT Pos Indonesia Abu Sofyan kepada Annualreport.id mengatakan, PT Pos menyambut baik keputusan pemerintah untuk menjadikan PT Pos sebagai platform e-commerce. Sudah saatnya BUMN-BUMN, khususnya PT Pos, bisa membangun negeri dengan dukungan payung hukum dari pemerintah.
Dengan direposisinya Pos Indonesia dapat membantu pelayanan logistik transaksi para pelaku ekonomi digital atau e-commerce. Penambahan fungsi Pos Indonesia dalam pengurusan logistik akan membantu perusahaan e-commerce yang belum memiliki jasa logistik sendiri, untuk menekan biaya pengiriman mereka.
Sebab, Jika masing-masing pelaku e-commerce memiliki divisi logistik sendiri, tentu akan lebih mahal. Namun jika semua menggunakan PT Pos Indonesia, akan lebih murah karena sebaran jaringan PT Pos Indonesia itu sudah sampai ke pelosok, sehingga dapat segera digunakan oleh seluruh pelaku e-commerce tentu dengan platform yang sangat modern.
Langkah-langkah yang dilakukan PT Pos sendiri dalam menjalankan keputusan pemerintah tersebut, adalah mempersiapkan seluruh Kantor Processing Center Pos Indonesia untuk menghadapi lonjakan permintaan jasa kurir dari industri e-commerce.
PT Pos juga tengah melakukan peningkatan kualitas sistem, agar dapat memudahkan pelaku e-commerce menggunakan layanan Pos Indonesia bahkan melakukan transaksi pembayaran sekaligus di Pos Indonesia.
Salah satu layanan yang dimiliki oleh PT Pos untuk mempermudah e-commerce player adalah aplikasi “MayPos” yang bisa didownload di play store android.
Di aplikasi ini masyarakat dapat mendapatkan info tarif, lokasi kantor pos terdekat, lacak kiriman, dan layanan Samsat Delivery (Jawa Timur). Bahkan aplikasi ini kami siapkan untuk layanan pick up service dan layanan jasa keuangan lainnya.
“Jadi teknologi kami jadikan sebagai backbonenya perusahaan untuk meningkatkan layanan dan kemudahan kepada masyarakat seiring dengan perkembangan jaman,” kata Abu. (DD)