Mereka yang Sukses Berbisnis E-Commerce

Ilustrasi
Ilustrasi | Candra/Annualreport.id

Seiring berkembangnya teknologi internet di Indonesia sekarang ini, memunculkan banyak startup dalam industri e-commerce. Dari sekian banyak e-commerce, terdapat dua kategori yang terbilang cukup populer, yakni kategori market place dan online shop.

Model bisnisnya pun berbeda-beda, ada C2C (Consumer to Consumer), B2B (Business to Business) serta B2C (Business to Consumer) dan lain-lain.

Dengan membangun toko online yang menjual produk sangat lengkap seperti mall beserta kelebihannya masing-masing, tujuannya adalah untuk mewadahi para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, hanya cukup menggunakan laptop, tablet atau smartphone selama perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Pengelolaan yang mudah dan sederhana, serta keuntungan yang menjanjikan, membuat orang melirik bisnis market place dan online shop ini.

Beberapa produk e-commerce yang masuk kategori paling dicari konsumen, di antaranya adalah gadget, produk herbal kesehatan, fashion, produk perawatan kecantikan, perlengkapan rumah tangga, pernik unik, mainan anak, dan lain-lain.

Meski masih jauh dibandingkan dengan Tiongkok, namun transaksi komersial berbasis internet atau e-commerce di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan.

Salah satu market place yang cukup berkembang di Indonesia saat ini adalah situs Bukalapak.

Bukalapak

Bukalapak.com adalah salah satu pasar online terkemuka di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT Bukalapak.

Seperti halnya situs layanan jual-beli online dengan model bisnis C2C, Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen ke konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko online untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan atau pun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, komputer, tablet, perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.

Lazada

Lazada Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online Lazada di Asia Tenggara.

Grup Lazada International di Asia Tenggara terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Vietnam, Lazada Thailand, Lazada Filipina. Jaringan Lazada Asia Tenggara, merupakan cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman Rocket Internet.

Rocket Internet merupakan perusahaan online incubator yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, dan Groupon yang sebelumnya bernama CityDeal.

Tokopedia

Lalu ada Tokopedia yang merupakan salah satu mall online di Indonesia yang mengusung model bisnis market place. Dengan visi untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet”, Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.

Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Tokopedia juga berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1,2 triliun dari Sequoia Capital dan Soft Bank Internet and Media Inc..

OLX Indonesia

OLX Indonesia, sebelumnya bernama Tokobagus, adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk tempat membeli dan menjual produk serta jasa secara online dan gratis untuk penjual maupun pembeli yang menggunakan jasa dari OLX Indonesia ini.

OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, olahraga, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, lowongan kerja dan produk lainnya.

Sebenarnya terdapat juga situs semacam ini bernama Berniaga yang juga sangat terkenal dan memiliki user yang tak kalah banyaknya dengan OLX. Namun, Berniaga akhirnya merger dengan OLX Indonesia pada tahun 2015.

Bhineka

Bhinneka merupakan situs e-commerce pelopor online store yang sampai saat ini terus berkembang dan bertumbuh menjadi situs e-commerce terbesar di Indonesia. Disebut angkatan pelopor karena situs Bhinneka di launching sebelum abad 21, sekitar tahun 1996-1999.

Sebelum Bhinneka, tentu sebagian masyarakat masih ingat online store pertama Indonesia yang sudah almarhum sejak lama yaitu toko buku “Sanur.co.id”, tidak seperti toko online seangkatannya yang sudah terkubur, Bhinneka tetap berkembang mengikuti perkembangan sampai sekarang. Setelah Bhinneka dan beberapa situs lain muncul di antara tahun tersebut seperti Kaskus.

Dari tagline Bhinneka memang bervisi untuk menjadi pemain di “kandang sendiri”, untuk menjadi pilihan Online Shopping bagi masyarakat Indonesia.

Seperti dituliskan oleh pendiri Bhinneka Hendrik Tio pada profil di web-nya, bahwa pelayanan antusias dari hati yang membangun kepercayaan dan gempuran-gempuran persaingan yang dihadapi di kemudian hari.

Blibli

Blibli merupakan salah satu e-commerce di Indonesia dengan konsep belanja online a la mall. Dengan konsep tersebut Blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan di manapun dan kapanpun.

Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010.

Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner serta merchant partner dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna Blibli.

Saat ini Grup Djarum melalui Global Digital Prima Ventures (GDP) misalnya, membentuk inkubator bernama Merah Putih Inc., sebuah inkubator startup lokal berbasis komunitas dan memberikan bantuan modal bagi start-up lokal yang inovatif.

Elevania

Kemudian Elevenia, yakni situs belanja online dengan konsep open market place nomor 1 di Indonesia beroperasi di bawah naungan PT XL Planet yang memberikan kemudahan dan keamanan berbelanja.

Situs ini menawarkan berbagai macam produk untuk pecinta belanja online. Tercatat bahwa Elevenia menawarkan lebih dari dua juta produk dari 16.000 seller yang terbagi dalam 8 kategori antara lain, fashion, beauty  and health, babies and and kids, home and garden, gadget andkomputer, elektronik, sports and hobby, service and food.

Pada bulan Februari 2015, Elevenia telah berhasil menambah seller hingga lebih dari 23,000 seller dan live listing 2 juta produk. Dalam satu tahun, elevenia juga berhasil menggapai 1 Juta pengguna dan mengirim lebih dari 400,000 ribu produk.

Selain itu, mereka juga mampu meraih pendapatan sebesar 250 milyar rupiah pada tahun 2014. Dalam tahun kedua mereka, elevenia menaargetkan untuk bisa mencapai penghasilan sebesar Rp1,1 trilyun.

Zalora

Zalora Indonesia merupakan situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Pelanggan yang berbelanja melalui situs ini tidak dikenakan biaya pengiriman ke seluruh Indonesia dan garansi pengembalian barang jika pelanggan merasa tidak puas atas produk yang diterimanya.

Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina. Zalora merupakan anak perusahaan dari situs belanja online Zalando.

Zalando merupakan proyek dari Rocket Internet seperti toko online Lazada. Di Indonesia Zalora berada di bawah naungan dan dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia.

MatahariMall.com

Satu lagi online shop yang tengah booming adalah MatahariMall.com, yakni merupakan versi online dari salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, yaitu Matahari Departemen Store.

MatahariMall.com akan menjadi e-commerce asli Indonesia, dan akan menjadi yang terbesar sekaligus terlengkap. Jhon Riyadi selaku Direktur Grup Lippo menjelaskan, Grup Lippo telah menginvestasikan dana sebesar US$500 juta atau setara dengan Rp6,5 triliun untuk operasional MatahariMall.com selama 2-3 tahun ke depan. Salah satu keunggulam MatahariMall.com adalah mempunyai toko offline di berbagai kota di Indonesia dan memiliki banyak pengalaman dalam mengelola bisnis jual beli. (DD)