Industri Ritel dalam Pusaran Disrupsi

Ilustrasi
Ilustrasi | Pixabay.com, diolah.

Kemajuan teknologi saat ini ikut mempengaruhi perkembangan industri ritel dalam negeri. Padahal, Indonesia adalah negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang masih bergantung pada sektor konsumsi. Hal ini pun seharusnya mampu menjadi daya dorong bagi industri ritel di Indonesia.

Hanya saja, industri ritel di Indonesia saat ini tidak berkembang pesat seperti yang dibayangkan. Industri ritel justru masih belum sepenuhnya pulih dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Tak heran, jika banyak peritel lokal yang merevisi target bahkan melakukan evaluasi serta mengeliminasi beberapa toko mereka yang tersebar di Indonesia, karena terjadinya perubahan atau pola belanja masyarakat dari offline ke online atau pun karena menurunnya daya beli masyarakat terhadap industri ini.

Namun, dengan kondisi industri ritel dalam negeri yang terlihat lesu, seolah bukan halangan bagi peritel luar negeri untuk masuk ke Indonesia. Bahkan, beberapa dari mereka mulai melebarkan sayapnya dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negera tujuan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Kali ini, Annualreport.id mencoba untuk mengulas prospek industri ini terkait dengan era digital yang ternyata cukup menggerus pangsa pasar peritel lokal.

Artikel:

blog-thumb
Bisnis Ritel Masih Mendung

October 29, 2017


blog-thumb
Serbuan Peritel Asing

October 29, 2017