Gurihnya Peluang Kala Booming e-Commerce

Ilustrasi
Ilustrasi | Candra/Annualreport.id

Serba cepat, instant, dan praktis! Mungkin inilah yang menjadikan celah bisnis e-commerce berkembang pesat di Indonesia. Derasnya informasi akan suatu produk, bahkan hingga ke level detil dan segmented sekali pun menjadikan belanja online menjadi bagian dari gaya hidup di hampir semua lapisan masyarakat Indonesia.

Perkembangan bisnis e-commerce ini tidak hanya menyentuh sektor ritel perdagangan barang dan jasa. Tetapi juga cukup memberikan peluang besar bagi industri perbankan di Indonesia. Di sektor keuangan, layanan ini dikenal sebagai financial technology atau fintech. Banyak industri perbankan yang sudah mulai melakukan inovasi produk dan layanan mereka dengan memanfaatkan perkembangan fintech.

Selain industri perbankan, industri telekomunikasi pun mulai agresif tebar pesona untuk merebut pasar. Sebut saja Telkom Metra yang menunjuk Ebay sebagai mitra kerjasama dalam mengembangkan portal ‘blanja.com’. Sementara itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyuntik dana ke anak usaha bidang e-commerce, yakni Elevenia. Perusahaan ini adalah joint venture antara XL dan SK Planet Co. Ltd., provider telekomunikasi asal Korea Selatan. Lantas, seberapa gurih peluang kala booming e-commerce di Indonesia? Simak ulasannya.