PT PAM LYONNAISE JAYA

PT PAM LYONNAISE JAYA Laporan Tahunan 2016

PERFORM TO THE MAX

PERFORMANCE HIGHLIGHT

PALYJA Mampu Memproduksi Air Sebesar 8.931 Liter/Detik

Peningkatan penjualan yang signifikan juga tercatat di tahun 2016 dengan volume penjualan mencapai 162 juta m3, yang merupakan peningkatan sebesar 1,6 juta m3 dibandingkan dengan tahun lalu. Penambahan sambungan baru untuk 3,260 pelanggan di tahun 2016 adalah salah satu upaya Perusahaan untuk memperluas layanan air bagi masyarakat. Pencapaian ini sangat dipengaruhi oleh peningkatan produksi air dan juga penyelarasan pengaturan distribusi ke jaringan pasokan air.

Pada tahun 2016, PALYJA telah mampu memproduksi air rata-rata sebesar 8.931 liter/detik, yang merupakan peningkatan sebesar 365 liter/detik dibandingkan tahun 2015. Produksi air tertinggi adalah di bulan Desember 2016 dimana produksi air mencapai 9.155 liter/detik. Dari total produksi rata-rata pada tahun 2016, sebesar 194 juta m³ diolah oleh Instalasi Pengolahan Air PALYJA (IPA Pejompongan 1 & 2, IPA Cilandak dan IPA Taman Kota) dan 88 juta m³ dari air curah olahan PDAM Tangerang (ke DC-R4, DC-R5, dan Cikokol).

PALYJA mampu meningkatkan efisiensi secara signifikan dengan mengurangi keluhan pelanggan dalam hal pasokan air hingga 18% dan hanya berefek marginal, bagi Non Revenue Water. Hasil survey kepuasan pelanggan dari Penelitian Pasar meningkat hingga 82% dibandingkan dengan 76% pada tahun 2013.

Sebagai usaha meningkatkan Kinerja Keselamatan kita, PALYJA telah melakukan pelatihan tahap kedua pada tahun 2016 yang melibatkan 800 karyawan dengan 6.500 jam kerja. Kecelakaan dalam perjalanan kerja masih merupakan kontribusi tertinggi sejak 3 tahun terakhir dan didominasi oleh kecelakaan kendaraan bermotor. Dari sisi lingkungan hidup, kami berinisiatif menerapkan program hemat energi yang menghasilkan penghematan biaya yang signifikan. Selain membangun kompetensi teknis karyawan, Program Pengembangan Karyawan PALYJA juga telah berinisiatif mengadakan Program Persiapan Pensiun di tahun 2016.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penjualan
Tahun 2016 Perseroan berhasil mencatatkan penjualan sebesar 162 jutam3 yang merupakan kenaikan sebesar 1,6 juta m3 dibanding tahun 2015.

Kelompok Tarif/Pertumbuhan Pelanggan
Penambahan sambungan baru sebanyak 3.260 Pelanggan ditahun 2016 merupakan upaya Perseroan untuk meluaskan pelayanan air minum kepada masyarakat dengan memperhatikan kriteria teknis dan ketersediaan pasokan air. Jumlah pelanggan sebanyak 403.614 pada akhir tahun 2016, setara dengan 3,0 juta populasi terlayani dibandingkan dengan 1,5 juta populasi terlayani di Februari 1998. Jumlah pelanggan tersebut merupakan akumulasi dari sambungan baru dikurangi pemutusan sambungan terhadap pelanggan yang memiliki tunggakan sesuai dengan Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 11 tahun 1993.

RENCANA STRATEGIS

Pada tahun 2017, fokus kami masih tetap memberikan pelayanan air yang berkualitas kepada pelanggan melalui keunggulan operasional. Program Peningkatan Strategis akan terus kami lakukan untuk meningkatkan produktivitas melalui efisiensi dan inovasi. Kami bertekad meningkatkan 5% penjualan air menjadi 170 juta m3 dan mengurangi NRW sebesar 2% dengan menerapkan sistem management kualitas terpadu. Kami akan berupaya menyediakan layanan yang lebih baik dengan tujuan untuk mengurangi keluhan hingga 15%.

Memperkuat kerjasama dengan PAM JAYA dan pemangku kepentingan strategis lain untuk terus mendapatkan dukungan, kordinasi dan kerjasama yang lebih baik adalah fokus kami yang lain. Program CSR kami akan terus fokus pada kampanye Bersama Demi Air dengan memperluas kegiatan kami bagi masyarakat sekitar untuk memelihara lingkungan serta meningkatkan kesehatan dan pendidikan. Dalam hal Keselamatan, kami akan semakin memperkuat kebijakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dengan memperdalam keterlibatan para manajer dalam melakukan review operasional, sebagai upaya mengurangi kecelakaan kerja dan dalam perjalanan kerja.

 

 

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Non Listed (PNKNL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
25
Kantor Akuntan Publik
N/A
Biro Administrasi Efek
N/A
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
pamlyonnaisejaya,indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF