PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK

PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK Laporan Tahunan 2016

LIMITLESS BOUNDARIES, PURSUING POSSIBILITIES

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Penjualan Bersih Konsolidasi Indofood Meningkat 4,2% Menjadi Rp66,75 Triliun

Permintaan atas fast moving consumer goods juga mulai pulih yang ditandai dengan peningkatan volume penjualan. Harga komoditas, terutama CPO mengalami kenaikan karena adanya kendala pasokan. Di tengah kondisi yang mendukung ini, Indofood berhasil meraih kinerja yang baik. Penjualan bersih konsolidasi meningkat 4,2% menjadi Rp66,75 triliun tahun 2016 dan core profit mencapai nilai tertinggi sebesar Rp3,99 triliun, mencerminkan peningkatan kinerja operasional Perseroan.

Laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat signifikan sebesar 39,6% mencapai Rp4,14 triliun didukung oleh kinerja yang lebih baik serta laba selisih kurs yang belum direalisasikan akibat menguatnya nilai tukar rupiah. Tahun 2016 merupakan tahun yang menggembirakan bagi Grup CBP. Penjualan tumbuh sekitar 9% didukung oleh pertumbuhan volume dan kenaikan harga jual rata-rata, dan laba neto meningkat sebesar 20%. Di samping itu, Grup ini juga berhasil memperkuat posisinya di pasar untuk berbagai kategori utama.

Kinerja yang baik tersebut dapat tercapai karena kami telah mengimplementasikan berbagai strategi utama kami dengan baik. Di sepanjang tahun 2016, kami terus membangun budaya inovasi di seluruh fungsi, termasuk pengembangan produk, penjualan dan pemasaran, dan kegiatan operasional lainnya. Kami mempercepat peluncuran dan ketersediaan berbagai produk baru di pasar dan berhasil mencapai rekor untuk peluncuran produk sebanyak lebih dari 70 produk di berbagai kategori.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penjualan Neto
Perseroan membukukan penjualan neto konsolidasi sebesar Rp66,75 triliun di tahun 2016, meningkat 4,2% dari Rp64,06 triliun di tahun 2015, didorong oleh peningkatan penjualan seluruh Grup kecuali Grup Bogasari. Sepanjang tahun 2016, Perseroan mencatatkan penjualan di luar Indonesia sebesar US$387 juta atau sekitar 8% dari penjualan neto konsolidasi.

Laba Usaha (EBIT)
Laba usaha naik 12,5% menjadi Rp8,29 triliun di tahun 2016 dari Rp7,36 triliun di tahun 2015. Marjin laba usaha meningkat menjadi 12,4% dari 11,5% sejalan dengan membaiknya marjin laba bruto meskipun terjadi kenaikan beban iklan & promosi, serta gaji, upah dan imbalan kerja karyawan.

Laba Tahun Berjalan
Laba tahun berjalan mencapai Rp5,27 triliun, naik 42,0% dari Rp3,71 triliun di tahun 2015 terutama karena kinerja operasional yang lebih baik dan laba neto selisih kurs dari aktivitas pendanaan pada tahun 2016 dibandingkan dengan rugi neto selisih kurs pada tahun 2015. Setelah memperhitungkan kepentingan nonpengendali, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik 39,6% menjadi Rp4,14 triliun dari Rp2,97 triliun di tahun 2015. Dengan tidak memperhitungkan akun nonrecurring dan selisih kurs, core profit naik 12,0% menjadi Rp3,99 triliun di tahun 2016 dari Rp3,56 triliun di tahun 2015.

Total Aset
Total aset Perseroan pada tanggal 31 Desember 2016 mencapai Rp82,17 triliun, turun 10,5% dari Rp91,83 triliun pada tanggal 31 Desember 2015.

Total Ekuitas
Pada tanggal 31 Desember 2016 total ekuitas mencapai Rp43,94 triliun dibandingkan dengan Rp43,12 triliun pada tanggal 31 Desember 2015. Hal ini terutama karena laba yang dihasilkan di sepanjang tahun 2016 dikurangi dengan pembayaran dividen untuk tahun buku 2015 dan tidak adanya ekuitas terkait dengan operasi yang dihentikan karena telah diselesaikannya divestasi CMZ.

RENCANA STRATEGIS

Ke depannya, perekonomian Indonesia diperkirakan akan membaik seiring dengan meningkatnya konsumsi rumah tangga. Kami akan terus berupaya meraih pertumbuhan yang berkesinambungan baik secara organik maupun anorganik secara berhati-hati, serta mempertahankan posisi keuangan yang sehat. Kami akan terus memperkuat posisi pasar dengan mempertajam strategi pemasaran, meningkatkan eksekusi penjualan, memperluas dan memperdalam penetrasi distribusi, serta membina budaya inovasi. Kami juga akan terus mengelola portofolio merek dan produk kami untuk mencapai komposisi yang seimbang antara produk dengan nilai tambah dan produk dengan volume besar. Selain itu, kami juga berkomitmen pada perjalanan keberlanjutan kami dengan memperkuat landasan keberlanjutan dan terus meningkatkan produksi CPO bersertifikasi RSPO dan ISPO.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
300
Kantor Akuntan Publik
Purwantono, Sungkoro & Surja
Biro Administrasi Efek
PT Raya Saham Registra
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
PT Pemeringkat Efek Indonesia
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
indofoodsuksesmakmur,indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF