PT BANK SINARMAS Tbk

BANK SINARMAS Laporan Tahunan 2015

ENHANCING PEOPLE QUALITY
Selama lebih dari 26 tahun telah Perseroan lalui dalam industri perbankan. Bank Sinarmas senantiasa menerapkan semangat culture masyarakat Indonesia yang menjadi kekuatan utama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh nasabah. Pada tahun 2015, Bank Sinarmas mengambil inisiatif semangat budaya orang makassar yang disiplin, ulet, serta kuat dalam memegang prinsip. Penerapan semangat budaya ini dilakukan guna mewujudkan visi “Menjadi Bank terkemuka di Indonesia dengan jaringan distribusi yang terintegrasi dan layanan yang prima” serta menjadi Bank modern dengan tetap memegang teguh nilai-nilai bangsa, dan budaya Bank.

Bank Sinarmas senantiasa bekerja keras membangun dan mempertahankan reputasi dengan mengokohkan komitmen untuk kepuasan nasabah, salah satunya melalui peningkatan sumber daya manusia. Kesetiaan terhadap profesi di bidang ini, kami buktikan dengan menghasilkan dan memberikan pelayanan berkualitas terbaik bagi nasabah. Kini saatnya Bank Sinarmas memantapkan langkah dan menyongsong tantangan yang membentang dengan penuh percaya diri.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Kredit MSME Tumbuh sebesar 103,44%
Tahun 2015 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi industri perbankan nasional begitu juga dengan Bank Sinarmas. Walaupun demikian, Perseroan tetap dapat membukukan laba bersih sebesar Rp185 miliar pada akhir tahun 2015. Nilai tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 19,51% dibandingkan tahun sebelumnya.

Jumlah aset bertumbuh sebesar Rp6.609 miliar atau 31,09% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp21.260 miliar naik menjadi Rp27.869 miliar. Pada tahun 2015, pertumbuhan kredit Bank Sinarmas sebesar 22,44% melambat jika dibandingkan dengan pertumbuhan pada tahun 2014 yang sebesar 30,39%, namun masih berada jauh di atas rata-rata industri perbankan yang tumbuh sebesar 10,40%.

Pertumbuhan kredit Perseroan didominasi oleh kredit MSME yang bertumbuh sebesar 103,44% dari tahun 2014. Sementara rasio Non Performing Loan (NPL) gross Bank pada akhir tahun 2015 tercatat sebesar 3,95% naik 0,95% dibandingkan pada akhir tahun 2014 yang sebesar 3,00%. Penurunan kualitas kredit merupakan dampak dari melemahnya pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2015 sehingga terjadi penurunan kualitas pada beberapa debitur, selain itu Perseroan juga berinisiatif merestruktur beberapa debitur yang memiliki potensi bermasalah dan menghitung kembali pencadangan yang diperlukan.

Sepanjang tahun 2015, Bank Sinarmas terus melakukan kegiatan-kegiatan marketing dan promosi serta melakukan inovasi dalam mengembangkan produk dan layanan perbankan, seperti tabungan Simas Diamond dan penambahan fitur-fitur pada layanan mobile banking. Usaha yang dilakukan Manajemen Perseroan mampu meningkatkan penghimpunan simpanan masyarakat (Dana Pihak Ketiga/DPK), yang bertumbuh sebesar 31,93% dari Rp16.946 miliar di tahun 2014 menjadi Rp22.357 miliar di tahun 2015.

Kinerja Unit Usaha Syariah
Sepanjang tahun 2015, Unit Usaha Syariah (UUS) mencatatkan pendapatan operasional bank sebesar Rp135 miliar. Pertumbuhan ini berasal dari penyaluran Pembiayaan yang meningkat sebesar 23,95% dari Rp1.822 miliar pada tahun 2014 menjadi Rp2.259 miliar. DPK tumbuh sebesar 59,76% dari Rp1.432 miliar pada 2014 menjadi Rp2.287 miliar.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aset
Jumlah aset bertumbuh sebesar Rp6.609 miliar atau 31,09% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp21.260 miliar naik menjadi Rp27.869 miliar.

Dana Pihak Ketiga
(Dana Pihak Ketiga/DPK), yang bertumbuh sebesar 31,93% dari Rp16.946 miliar di tahun 2014 menjadi Rp22.357 miliar di tahun 2015.

Ekuitas
Jumlah ekuitas PT. Bank Sinarmas Tbk. naik menjadi Rp3.670 miliar. Angka ini meningkat 15,98% dari 2014 yang sebesar Rp3.164 miliar.

Pendapatan Bunga Bersih
Pada 2015, jumlah pendapatan bunga bersih PT. Bank Sinarmas Tbk. tercatat sebesar Rp1.331 miliar, meningkat 34,79% atau Rp343 miliar dari tahun sebelumnya yang berjumlah Rp988 miliar.

Laba Bersih
Pada akhir tahun 2015, laba bersih PT. Bank Sinarmas Tbk. sebesar Rp185 miliar, yang menunjukkan peningkatan sebesar 19,51% atau Rp30 miliar dari Rp155 miliar ditahun sebelumnya.

RENCANA STRATEGIS

Jatuhnya harga minyak dunia telah membuka peluang pemangkasan harga BBM yang akan berimplikasi dengan penurunan tingkat inflasi sehingga membuka ruang pemangkasan BI rate di tahun 2016, hal ini akan sangat positif khususnya bagi industri perbankan dan perekonomian secara umum. Paket kebijakan ekonomi pemerintah untuk relaksasi investasi dan reformasi regulasi yang akan memudahkan dan mempercepat baik proses birokasi dan kepastian bisnis dapat menjadi strategi kunci untuk pertumbuhan industri dan ekonomi yang lebih baik di tahun 2016.

Melihat prospek usaha industri perbankan Indonesia di tahun 2016 tersebut, Bank Sinarmas berusaha sebaik-baiknya untuk meraih setiap peluang dan potensi yang tercipta, khususnya untuk segmen korporat dan retail. Dengan keunggulan kompetitif yang dimiliki, Bank Sinarmas optimis bahwa prospek usaha di masa yang akan datang akan semakin cemerlang.

Bank telah menyusun prospek usaha ke depan guna meraih dan menciptakan peluang bisnis yang lebih baik antara lain dengan:
• Mengembangkan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) Bank Sinarmas melalui perekrutan agent banking.
• Meningkatkan portofolio kredit mikro melalui program KUR.
• Melakukan cross selling, antara lain kepada debitur-debitur KUR, terhadap produk dan layanan perbankan lainnya.

Keterangan:


Tahun
2015
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Keuangan Listed (PKL)
Penghargaan
Private Keuangan Listed #3
Jumlah Halaman
650
Kantor Akuntan Publik
Mulyamin Sensi, Suryanto, & Lianny
Biro Administrasi Efek
PT Sinartama Gunita
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
PT Fitch Rating Indonesia
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
Bank Sinarmas,laporan tahunan,2015,perbankan

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF